Sejarah Islam Di Jepang

Sedikit disini saya akan mengurai tentang awal mulanya masuknya islam kejepang atau sejarahnya islam dijepang.

Awal mulanya yaitu melalui perdagangan atau niaga banyak orang asing yang beragama islam mulai berdatangan ke jepang sudah sejak awal berdirinya negara. Muslim pertama sebagian besar adalah pelaut Melayu yang melayani kapal belanda atau kapal Inggris. Sejak saat itu Islam mulai ada di Jepang. Etnis jepang sendiri mulai masuk islam pada awal abad 20.
Kotaro "Omar" Yamaoka
Foto di atas  adalah foto dari Kotaro Minami, ups.. maksud saya Kotaro “Omar” Yamaoka. beliau adalah muslim jepang pertama yang melaksanakan ibadah haji.
Pada tahun 2005, ada peningkatan julah penganut muslim di jepang, yakni dari 60.000 menjadi 70.000 muslim. sekitar 10 % dari mereka adalah etnis jepang sendiri. Komunitas muslim asing terbesar adalah dari Indonesia. yang jumlahnya lebih dari sepertiga dari total muslim asing.

 

Masjid di Jepang

Masjid di jepang arsitekturnya gak kalah lo sama masjid di indonesia. beberapa masjid sebagian besar terletak di wilayah Kanto, daerah dekat Tokyo.

1. Masjid Jami’ Tokyo. 

di masjid ini juga tersedia ratusan kamar yg digunakan untuk berdo’a. pendirinya adalah komunitas muslim setempat.
2. Masjid Tokyo Camii.
Didirikan pada tahun 1938, masjid ini adalah masjid permanen pertama di Tokyo, dan yang kedua di Jepang secara keseluruhan. Struktur asli dihancurkan pada tahun 1986, tetapi masjid dibuka kembali pada tahun 2000 dengan dukungan pemerintah Turki.

3. Masjid Annur di Niigata
Masjid ini dibangun oleh Komuniats Mahasiswa Muslim di Niigata University. Masjid ini sepenuhnya beroperasi pada awal 2009.jadi masjid ini tergolong masih baru di jepang.
4. Masjid Asakusa. 
Masjid ini didirikan oleh kelompok yang menyebut dirinya Islam Lingkaran Jepang di tahun 2000. Sebagian besar berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara.

5. Masjid Ichinowari.

Masjid ini terletak di Prefektur Saitama. Masjid ini juga berhubungan dengan Jamaah Tabligh.

6. Masjid Isezaki.

Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Jami Mohammadiya. fasilitas masjid ini melayani umat Islam di Kota Isezaki, Prefektur Gunma. Awal dibangun tahun 1995, namun rekonstruksi terakhir pada tahun 2005. Sebagian besar jamaah masjid ini berasal dari Asia Selatan.

7. Masjid Islamic Center Jepang.

Pusat agama islam ini mulai berdiri tahun 1966, namun benar benar mulai beroperasi tahun 1975. Islamic center ini sangat berhubungan dengan Arab saudi dan merupakan salah sau organisasi muslim terkemuka di jepang.

8. Masjid Jami’ Yokohama.

Masjid ini mulai di buka desember 2006. Manajemennya di dominasi masyarakat Pakistan.

9. Masjid Kobe.

Masjid Kobe adalah masjid permanen pertama yang berdiri di jepang. masjid ini dibuka pada tahun 1935. Pendiri masjid ini adalah para pedagang india yang tinggal di kota itu.

10. Masjid Nagoya.

Masjid ini meruakan salah satu dari 3 masjid yang terletak di nagoya. MAsjid ini pernah hancur oleh pengeboman amerika pada tahun 1945. Masjid nagoya mulai didirikan kembali pada tahun 1998 sehingga umat muslim bisa menggunakannya kembali untuk beibadah.
selain masjid-masjid tersebut sebenarnya di jepang masih banyak masjid-masjid yang lain. untuk lebih lengkapnya silahkan buka saja referensi dibawah. sekian liputan dari jepang.

Referensi:
www.masjid.jp