Siapa Pembuat Film Innocence Of Muslims itu?

Nakoula Basseley si pembuat film innocence of muslims

Nakoula Basseley si pembuat film innocence of muslims

Inilah Kronologi Lengkap Pembuatan Film ‘Innocence of Muslim’ – -Ribuan orang di seluruh belahan dunia telah memprotes sebuah film berjudul ”Innocence of Muslims”. Fim tersebut dinilai menghina Nabi Muhammad SAW dan umat muslim dunia. Lantas, apa sebenarnya yang ada di film? Mengapa ia sanggup membuat ribuan orang marah? Berikut adalah penjelasannya seperti dikutip gulfnews.

1. Bagaimana awal mula film tersebut dapat tersebar hingga ke publik?

Video ini pertama kali diposting online pada 1 Juli namun tidak begitu menarik perhatian publik. Lalu stasiun televisi Mesir Al-Nas menayangkan cuplikan film tersebut pada 8 September.Klip inipun mulai diterjemahkan ke dalam bahasa Arab dan diposting online. Lalu dalam beberapa hari telah dilihat oleh ratusan ribu orang. Pemerintah Afghanistan mengatakan telah memblokir YouTube untuk mencegah orang menontonnya.

Sementara itu, para pejabat Gedung Putih telah meminta YouTube untuk mempertimbangkan apakah film itu melanggar.”Kami mendorong kebebasan berbicara namun tentunya kami tidak mengijinkan video berbau kebencian,” kata pejabat Gedung Putih. Lalu kemudian google yang memiliki Youtube memutuskan untuk tetap menyimpan video ini. Namun, akses video khusus untuk Libya dan Mesir telah dibatasi.

2. Apa yang ditampilkan film?

Sebuah trailer film berjudul ”Innocence of Muslims”. Dia menggambarkan Islam sebagai agama penuh kekerasan dan Nabi Muhammad sebagai orang bodoh serta haus kekuasaan. Ini diawali dengan adegan di mana sebuah keluarga Koptik di Mesir yang diserang oleh sekelompok umat Islam sementara polisi nampak diam saja. Lalu, sang ayah berkata kepada putrinya bahwa umat Islam ingin membunuh semua orang Kristen.

Gambaran selanjutnya adalah berkisah tentang kehidupan Nabi Muhammad, keluarganya dan para pengikutnya di padang pasir. Dalam film ini digambarkan Muhammad berhubungan seks dengan istrinya, Khadijah dan wanita lainnya.Trailer film ini juga menggambarkan Muhammad dan pengikutnya sebagai pembunuh, perampok dan pemeras.

3. Mengapa begitu ofensif?

Menggambarkan Nabi Muhammad dengan cara apapun telah menentang keyakinan Islam. Penggambaran Istri Muhammad, Khadijah dan para sahabatnya juga dianggap sebagai penghinaan yang serius.

Prinsip Islam sebenarya Alquran adalah firman langsung dari Allah, diwahyukan kepada Muhammad agar disampaikan kepada manusia. Dalam film ini, Khadijah digambarkan berencana untuk mengarang sebuah kitab suci keluar dari Perjanjian Lama dan Baru menentang keyakinan Islam intrinsik.

4. Bagaimana gambaran film tersebut jika disatukan?

Durasi dari seluruh adegan di film ini diperkirakan sekitar satu jam. Namun trailer yang beredar di internet dalam bahasa Inggris dan Arab hanya selama 14 menit. Versi lengkap film ini telah diputar di sebuah bioskop kecil bernama Teater Vine di Los Angeles, AS. Film itu diputar pada Juni dan diberi judul ”The Innocence of Bin Laden”.

Film ini dibuat dengan anggaran murah, aktor amatir, dan standar produksi yang buruk. Proses shooting dilakukan selama lima hari di sebuah studio film California pada Agustus tahun lalu. Adapun tokoh yang dimainkan sekitar 50 orang, bersama kru produksi.

5. Lantas siapa kah Pembuat Film Innocence Of Muslims itu?

Trailer film itu diposting melalui akun Youtube dengan nama ‘sambacile’. Awalnya, dia diduga adalah seorang keturunan Yahudi kelahiran Israel. Dia mendapat dana sebanyak 5 juta dolar amerika dari donatur Yahudi. Dan setelah ditelusuri Sam Bacile hanya nama samaran pelaku.

Setelah diidentifikasi, pemerintah AS menyatakan Nakoula Basseley Nakoula adalah sang pembuat film. Dia adalah seorang Kristen Koptik yang tinggal di California, AS. Sebelumnya, Nakoula juga pernah terlibat kasus melanggar hukum. Kasus itu diantaranya penipuan pada 2010.

Dia lalu dihukum dan diperintahkan membayar uang lebih dari 790 ribu dolar Amerika. Dia menggunakan nama samaran ”Sam Bacile” untuk menyembunyikan identitasnya. Namun, dia menyangkal tuduhan itu.

6. Bagaimana pendapat aktor terkait film itu?

Mereka merasa ditipu. Para artis dan aktor mengatakan dalam film aslinya tidak ada hubungannya dengan Islam atau Muhammad. Semua adegan untuk menghina agama Islam itu ditambahkan setelah produksi film