Kenapa Harus Shalawat, Apa Nabi Belum Selamat?

Shalawat adalah salam penghormatan

1. SHALAWAT BUKAN DOA

Mengapa shalawat bukan doa? Apa buktinya? Harus ada buktinya dong!

Shalawat dilakukan sendiri oleh Allah pada Rasulullah Muhammad SAW.

Qs.33 Ahzab:56. Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Jelas disitu “ALLAH BERSHALAWAT PADA NABI”, dan ini tidak mungkin diartikan sebagai doa karena doa itu dari makhluk pada ALLAH. Jadi jika ALLAH bershalawat, maka tidak mungkin ALLAH berdo’a. Kalau shalawat diartikan doa, lalu Allah berdoa pada siapa? Allah tidak berdoa pada tuhan lain, yang benar, Allah itu menerima doa dari makhluk ciptaan-Nya.

Maaf sedikit keluar jalur, sambil menyelam minum air… ^_^

Lain dengan “umat lain”, mereka menganggap wajar jika “Tuhan” berdoa pada Tuhan yang lain sebagai suatu hal yang biasa. Dan ini bukan fitnah, tapi kenyataan.

Matius 26:39 Maka ia (Yesus) maju sedikit, lalu sujud dan BERDOA…

 

Bagaimana mungkin mereka tetap percaya Yesus itu Tuhan?

Markus 14:35 Ia (Yesus) maju sedikit, merebahkan diri ke tanah dan BERDOA supaya, sekiranya mungkin, saat itu lalu dari pada-Nya.

 

Bagaimana mungkin Tuhan berdoa pada Tuhan lain?

Lukas 5:16 Akan tetapi ia (Yesus) mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa.

 

Tuhan berdoa pada Tuhan mana lagi?

Markus 1:35 Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia (Yesus) bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.

 

Masuk akal kah Tuhan berdoa & memohon?

Matius 26:36 Maka sampailah Yesus bersama-sama murid-murid-Nya ke suatu tempat yang bernama Getsemani. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: “Duduklah di sini, sementara aku pergi ke sana untuk berdoa.”

Yang berdoa pasti lebih rendah! Yang dimintai doa pasti lebih tinggi!

Ibrani 5:7 Dalam hidupnya sebagai manusia, ia (Yesus) telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut, dan karena kesalehan-Nya Ia telah didengarkan.

Bukan hanya asal bicara, tapi banyak bukti!

Lukas 22:44 Ia (Yesus) sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah.

Keyakinan saja tak dapat membenarkan, 100 keyakinan tak berarti ada 100 Tuhan.

Jadi Shalawat pada Nabi itu bukan doa sebab Allah sendiri bershalawat pada Nabi, jadi tidak mungkin Allah sebagai Tuhan berdoa pada Tuhan lain. Kalau dalam agama Kristen memang katanya sih masuk akal kalau ada Tuhan berdoa pada Tuhan.

QS.5 Maa’idah:75 … Dan perhatikanlah bagaimana mereka berpaling!

 

2. SHALAWAT IALAH UCAPAN SALAM PENGHORMATAN

Qs.33 Ahzab:56. Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

 

Ini ibaratnya kita mengucapkan salam atau selamat saat ada kawan yang meraih juara nasional:

“SELAMAT YA ATAS JUARA 1 NYA!”

Apakah ini semacam do’a? Apakah ini berarti sang juara itu belum selamat???

Ini bukan doa karena meski tidak diucapi selamat pun dia sudah selamat, tidak celaka atau tidak dalam bahaya!

“SELAMAT PAGI PAK”

Apakah ini do’a? Apakah ini berarti si bapak belum selamat???

ini bukan doa karena meski tidak diberi ucapan selamat pun uangnya masih banyak …. ^_^

 

3. SHALAWAT IALAH PERINTAH ALLAH PADA MUSLIM

Qs.33 Ahzab:56. Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Kalau diperintah oleh kitab sendiri, maka sudah KEWAJIBAN SETIAP MUSLIM MELAKSANAKANNYA. Jangan seperti “umat lain” yang jelas-jelas diperintah malah dilanggar, dan yang dilarang malah diwajibkan.

Contoh:

Diperintah menyembah cuma pada Allah saja, tapi kok malah nyembah lainnya… Kami tak asal bicara, tapi disertai bukti ayatnya:

Lukas 4:8 Tetapi Yesus berkata kepadanya: “Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan HANYA KEPADA DIA SAJALAH engkau berbakti!”

Matius 4:10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan HANYA KEPADA DIA SAJALAH engkau berbakti!”

Markus 12:29 Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa. (Yesus tidak bilang: Tuhanmu aku, atau Tuhan itu Trinitas, atau Tuhan itu 3 tapi 1)

Ulangan 6:4 Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!

Ada juga perintah bersyahadat yang sering dilanggar “umat lain”:

Yohanes 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, SATU-SATUNYA ALLAH YANG BENAR, DAN MENGENAL YESUS KRISTUS YANG TELAH ENGKAU UTUS.

Tidak ada Tuhan Selain Allah, Isa Rasulullah

Tidak ada Tuhan Selain Allah, Muhammad Rasulullah

Setiap Muslim jika diperintah maka akan menurut dan berkata:

Kami mendengar dan kami taat. QS.5 Maa’idah:7

Tidak pernah kami berkata: Kami mendengar, tapi pikir-pikir dulu karena ini dan itu… ^_^ …🙂

 

4. SHALAWAT NABI PUN SUDAH DIAJARKAN OLEH KITAB & PARA NABI TERDAHULU

Sang Nabi dari Nazaret pun didoakan sholawat oleh para pengikut beliau pada zaman itu.

Dan Aku berkata kepadamu: Mulai sekarang kamu tidak akan melihat aku lagi, hingga kamu berkata: DIBERKATILAH DIA yang datang dalam nama Tuhan!” (Perjanjian baru, Matius 23:39)

 

Sesungguhnya rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. Tetapi aku berkata kepadamu: Kamu tidak akan melihat aku lagi hingga pada saat kamu berkata: DIBERKATILAH DIA yang datang dalam nama Tuhan!” (Perjanjian Baru, Lukas 13:35)

 

Kata mereka: “ DIBERKATILAH DIA yang datang sebagai raja dalam nama Tuhan, damai sejahtera di sorga dan kemuliaan di tempat yang mahatinggi!” (Perjanjian Baru, Lukas 19:38)

 

Mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Isa Al Masih sambil berseru-seru: “ Hosana! DIBERKATILAH DIA yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!” (Perjanjian Baru, Yohanes 12:13)

Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: “Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!” (Perjanjian baru, Matius 21:9)

Kata “dia” pada ayat tersebut merujuk kepada “Anak Daud (Keturunan Daud)”. “Anak Daud” pada Matius 21:9 merujuk kepada Isa Al Masih yang dilahirkan oleh Maryam keturunan Daud.  Maka, doa hosana dan doa berkat tersebut adalah untuk nabi Isa Al Masih.

Apakah arti HOSANA? Doa atau pujian? Kita lihat Hosana dalam Perjanjian lama

Mazmur 118:25 Ya TUHAN, berilah kiranya keselamatan ! Ya TUHAN, berilah kiranya kemujuran!

Mazmur Ibrani 118:25 אנא יהוה הושיעה נא אנא יהוה הצליחה נא

Transliterasi Mazmur Ibrani 118:25 ānnā’ yəhwâ HWOSI‘AH NA’ ’ānnā’ yəhwâ haṣəlîḥâ nnā’:

Kita bisa mengerti bahwa HOSANA mengandung pengertian seruan doa ”A Hebrew exclamation of praise to the Lord, or an invocation of blessings” ( http://www.artikata.com/arti-90566-hosanna.php )

 

Ada gembala kambing yang mengatakan bahwa HOSANA tidak berarti pengharapan atau doa? Tapi berarti ucapan selamat pada sang penyelamat.

Untuk menjawabnya, mari kita lihat asal kata HOSANA secara jelas dari situs Wikipedia:

The word hosanna is etymologically derived from the Hebrew הושיעה־נא, hôšî‘âh-nā’ (baca howsyi’ahnnaa ). Christian usage has come through the Greek Bible, giving it the form ὡσαννά, hōsanná.

Arti: Kata HOSANNA berasal dari bahasa Ibrani הושיעה־נא, hôšî‘âh-nā’ . Umat Kristen mengambilnya dari Injil berbahasa yunani yang tertulis HOSANNA.

From the Bauer lexicon: derived from Aramaic (הושע נא) from Hebrew (הושיעה נא) (Psalm 118:25, הוֹשִׁיעָהנָּא), meaning “help ” or “save, I pray “, “an appeal that became a liturgical formula; as part of the Hallel… familiar to everyone in Israel.”

Dari Kamus kata Bauer: Diambil dari bahasa aram (הושע נא) dan juga bahasa Ibrani (הושיעה נא) (Mazmur 118:25, הוֹשִׁיעָהנָּא) yang berarti “Tolong” atau “Selamatkanlah, Ku berdoa”. Sebuah seruan yang menjadi tata cara ibadah; sebagai bagian dari Hallel… yang dikenal setiap orang di i5rael.

From the Friberg Lexicon: hosanna, indecl. particle translit. fr. the Heb.; strictly, a cry expressing an appeal for divine help “save! Help, we pray !”; in a liturgical usage, a shout of praise and worship “hosanna, we praise you” (Matthew 21.9).

Dari Kamus kata Friberg: HOSANNA, diambil dari bahasa Ibrani yang berarti: seruan dengan sungguh sungguh & tegas untuk meminta pertolongan Tuhan. “Selamatkanlah! Tolonglah, kami memohon!”. Dalam tata ibadah, seruan untuk berdoa & memohon “HOSANA, Kami memberkatimu”

From the UBS Lexicon: hosanna (in Aramaic), an exclamation of praise literally meaning, “Save, I pray”.

Dari Kamus kata Lexicon: HOSANNA (bahasa aram),  sebuah seruan doa yang berarti: “Selamatkanlah, Kumohon”

From the Louw-Nida Lexicon: hosanna (an Aramaic expression meaning “help, I pray” or “save, I pray ,” but which had become a strictly liturgical formula of praise) a shout of praise or adoration – “hosanna; blessed is the one who comes in the name of the Lord” Mark 11.9; “hosanna in the highest” Mark 11.10; “hosanna to the Son of David” Matt 21:9. Mt 21.9 may also be rendered as “praise to you, Son of David” or “we praise you who are the Son of David” or “…a descendant of David.”

http://en.wikipedia.org/wiki/Hosanna

Dari Kamus kata Louw Nida: HOSANA (sebuah ekspresi dari orang aram yang berarti “Selamatkanlah, Ku doakan”, tapi menjadi susunan kata ibadah doa yang tegas.

Dari etymology diatas jelas bahwa “hosanna” adalah mengharap/ memohon selamat bukan memuji “sang penyelamat”

Hosanna in the highest,” the closing words of which no longer give any sense The same is the case with the words “Hosanna to the son of David” in Matt xxi. 9, “Hosanna in the highest” being a corruption of the original version.

http://www.jewishencyclopedia.com/view.jsp?artid=925&letter=H&search=hosanna

Menurut info dari Wikipedia pengertian kata “hosanna” ada 2 pandangan

 

Judaism “Hoshana” ( הושענא) is a Hebrew word meaning PLEASE SAVE OR SAVE NOW . In Jewish liturgy, the word is applied specifically to the Hoshana Service, a cycle of prayers from which a selection is sung each morning during Sukkot, the Feast of Booths or Tabernacles. The complete cycle is sung on the seventh day of the festival, which is called Hoshana Rabbah ( הושענא רבא, “Great Hosanna”).

 

Christianity “Hosanna” (Greek transcription: ὡσαννά, hōsanna) is the CRY OF PRAISE OR ADORATION shouted in recognition of the Messiahship of Jesus on his entry into Jerusalem, Hosanna! Blessed is the one who comes in the name of the Lord![3] It is used in the same way in Christian praise.http://en.wikipedia.org/wiki/Hosanna

 

Pengertiannya jelas berbeda bukan? Yahudi yang empunya kata “hosanna” mengartikannya sebagai permohonan alias doa sedangkan Christian mengartikannya sebagai pujian/ sanjungan.

Mazmur 118:25 Ya TUHAN, berilah kiranya keselamatan ! Ya TUHAN, berilah kiranya kemujuran!

 

Mazmur Ibrani 118:25 אנא יהוה הושיעה נא אנא יהוה הצליחה נא

 

Transliterasi Mazmur Ibrani 118:25 ānnā’ yəhwâ HWOSI‘AH NA’ ’ānnā’ yəhwâ haṣəlîḥâ nnā’:

 

KJV Psalm 118:25 We beseech Thee, O LORD,  SAVE NOW ! We beseech Thee, O LORD, make us now to prosper!

 

Etymology:Hosanna \Ho*san”na\ (h[-o]*z[a^]n”n[.a]), noun; plural Hosannas(-n[.a]z). [Greek, from Hebrew h[=o]sh[=i]‘[=a]h nn[=a]save now, save, we pray, h[=o]sh[=i]a’ to save (Hiphil, a causative form, of y[=a]sha’) + n[=a], a particle.]. 

http://www.mechon-mamre.org/p/pt/pt26b8.htm  O LORD, SAVE NOW! , terj. Literal: Oh Gusti, selamatkanlah sekarang!

Apakah Permohonan atau Doa atau pujian???

Check juga pengertian “hosanna” sebelum kedatangan Christianity.

Psalm 117:25 ω κυριε σωσον δη ω κυριε ευοδωσον δη (Septuagint)Translit. o kurie SOSON de o kurie euodoson de

Mazmur117:25 O Lord, save now: O Lord, send now prosperity

http://www.ecmarsh.com/lxx/Psalms/index.htm

Save now = selamatkanlah sekarang, bermakna permohonan/ doa atau pujian???

 

σωσον SOSON verb – aorist active middle – second person singular sozo sode’-zo: to save, i.e. deliver or protect — heal, preserve, save (self), do well, be (make) whole.

Bandingkan arti kata σωσον SOSON dalam PB Mark 15 :30

15:30 σωσον σεαυτον και καταβα απο του σταυρου15:30 sôson seauton kai kataba apo tou staurou

Markus 15:30 turunlah dari salib itu dan SELAMATKAN diri-mu!”

Apakah kata soson bermakna permohonan atau pujian???

 

Apakah saudara masih Kurang yakin? Silahkan cermati juga Vulgate

Psalm 117:25 o Domine salvum fac o Domine prosperare117: 25 O Lord, SAVE ME: O Lord, give good successsave me = selamatkanlah diriku

 

Bermakna permohonan/ doa atau pujian?

Jadi, berdasarkan info-info diatas, kata “hosanna” bermakna permohonan dilimpahkan keselamatan alias doa, chek juga pemakaian kata itu pada liturgy Jahudi, dan ternyata para patriarch Abraham, Isaac, Jacob, Moses, Aaron, Joseph dan David juga “dihosannahi” alias di mohonkan keselamatan. (http://en.wikipedia.org/wiki/Hoshana_Rabbah

 

Hoshanot Today is Hoshana Rabbah, the seventh day of the festival of Sukkot which is also a minor holiday of its own. The name means “The Great Hoshana” or “The Great ‘Please Save Us’!” 

http://velveteenrabbi.blogs.com/blog/2010/09/hoshanot.html

Dalam penggalan Alkitab  di bawah ini kita juga dapat melihat doa sekaligus berkat tersebut adalah untuk Yesus Kristus Nabiullah Isa Al Masih.alaihissalam

 

Dan Aku berkata kepadamu: Mulai sekarang kamu tidak akan melihat aku lagi, hingga kamu berkata: DIBERKATILAH DIA yang datang dalam nama Tuhan!” (Perjanjian baru, Matius 23:39)

 

Sesungguhnya rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. Tetapi aku berkata kepadamu: Kamu tidak akan melihat aku lagi hingga pada saat kamu berkata: DIBERKATILAH DIA yang datang dalam nama Tuhan!” (Perjanjian Baru, Lukas 13:35)

 

Kata mereka: “ DIBERKATILAH DIA yang datang sebagai raja dalam nama Tuhan, damai sejahtera di sorga dan kemuliaan di tempat yang mahatinggi!” (Perjanjian Baru, Lukas 19:38)

 

Mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Isa Al Masih sambil berseru-seru: “ Hosana! DIBERKATILAH DIA yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!” (Perjanjian Baru, Yohanes 12:13)

Anda dapat mendoakan orang lain (misal teman) dengan format yang serupa dengan format doa berkat itu. Misal, “Diberkatilah kamu oleh Tuhan “, “Allah memberkatimu “, “Dilapangkanlah jalan-jalanmu “, “Dimudahkanlah ujian hari ini “, dsb.Dalam bahasa Arab, seringkali anda akan mendengar seorang muslim mendoakan saudaranya dengan “Barokallahu fiikum” yang berarti ” Semoga ALLAH memberkahi anda “, “Berkat ALLAH tercurah atas anda

 

Yesus bukan hanya mendoakan para pengikutnya, bahkan para Nasrani generasi pertama pun  juga mendoakan sholawat dan berkat untuk beliau. Sekali lagi, doa sholawat dan salam adalah kebiasaan para pengikut para Nabi dari dahulu untuk Nabi mereka.

Dan,,, ada baiknya umat kristiani pun bershalawat…

Rajin baca Alkitab,,, Sujud,,, ke arah bait Allah…

Menyembah hanya pada Allah… dan sebagainya…

 

Jadi,,, 1 bukti lagi… ISLAM TERBUKTI BENAR….

Qs.3 Ali Imran:85 Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka SEKALI-KALI TIDAK AKAN DITERIMA daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi

Qs.3 Ali Imran:19 Sesungguhnya agama disisi Allah HANYALAH Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya

Tak sempurna iman seorang muslim sehingga ia mencintai muslim lain seperti mencintai diri sendiri. Salah satu bentuk cinta ini ialah Amar Ma’ruf Nahi Munkar.

Dan kemunkaran yang banyak terjadi masa ini ialah banyak orang disekitar kita berkata “Semua agama itu baik”, “Semua agama itu benar”, “Semua agama sama”, “Semua agama masuk surga”, “Semua agama dari TUHAN”.

 

Sumber Referensi : http://www.islamterbuktibenar.net